Visi
Menempatkan diri sebagai institusi yang tangguh,
mandiri, memiliki keunggulan di bidang pendidikan non formal serta bertanggung
jawab dalam pengembangan iptek.
Misi
- Meningkatkan kualitas proses belajar dan pembelajaran
- Meningkatkan kualitas SDM untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai
- Meningkatkan kerjasama kemitraan profesional dengan instansi terkait dalam rangka ikut serta mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat
- Menyelenggarakan program pendidikan berkelanjutan (continuing education) sesuai dengan kebutuhan pasar.
Tujuan
- Meningkatkan lulusan yang memiliki kemampuan pengembangan kepribadian dan aktualisasi diri
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menghadapi tantangan kehidupan yang selalu berubah-ubah.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menciptakan dan/atau membantu menciptakan lapangan kerja sesuai dengan keahliannya.
- Menghasilkan lulusan yang siap menjadi agen
pembaharuan masyarakat.
Kekuatan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah memiliki tenaga
pengajar sejumlah 21 orang dengan kualifikasi Guru Besar sejumlah 5 orang, 2
orang dosen dengan kualifikasi doktor dan 14 dosen dengan kualifikasi magister.
Selain dosen tetap, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah menggandeng tenaga pengajar
yang berasal dari berbagai lembaga yang menjadi mitra Jurusan PLS meliputi:
Dinas Koperasi Jatim, Subdin PLS P & K Jatim, BKKBN, BPPNFI, Dinas Perindustrian,
Disnaker, Dinas Sosial, Badan Pemberdayaan Masyarakat Jatim dan Para Pengelola
Pendidikan Luar Sekolah seperti kursus, Diklat, LSM. Harapannya agar mahasiswa
mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang memadai dengan obyek dan garapan
lembaga mitra tersebut. Sarana dan prasarana proses pembelajaran didukung
dengan ruangan yang memadai dan laboratorium baik yanga ada di dalam kampus
mapun di masyarakat. Tehnologi informasi yang didukung dengan zone WIFI
merupakan bagian yang penting untuk memperlancar proses pembelajaran mahasiswa.
Ø Prospek Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
Pembangunan pendidikan formal di
Indonesia seharusnya dapat membantu menyelesaikan berbagai
persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, antara lain persoalan kebodohan,
keterbelakangan ekonomi, keterbelakangan budaya, keterbelakangan sosial, dan
berbagai keterbelakangan lainnya. Namun kenyataannya, pendidikan formal tidak
mampu membantu menyelesaikan semua persoalan tersebut, karena itu diperlukan
bantuan atau pelengkap pendidikan lain yaitu berupa pendidikan nonformal atau
pendidikan luar sekolah. Persoalan yang terjadi adalah, bahwa sampai saat
ini hanya sedikit masyarakat yang benar-benar memahami
bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan melakukan monitoring dan evaluasi
secara profesional dalam pendidikan nonformal informal atau pendidikan
luar sekolah. Oleh karena itu, untuk itu dibukalah Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
Jenjang S1 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas
Negeri Surabaya (UNESA). Memberikan indikasi bahwa berbagai lembaga baik
lembaga negeri maupun swasta di Jawa Timur khususnya, dan di Indonesia
umumnya sampai saat ini masih banyak membutuhkan lulusan jurusan PLS. Sebagai
gambaran kebutuhan lulusan PLS dapat dilihat sebaran lulusan PLS pada Tabel 1berikut.
No
|
Tempat Kerja
|
1
|
Dirjen Pendidikan Formal dan
Informal (PNFI) di Jakarta
|
2
|
Dirjen Pendidkan Dasar dan
Menengah di Depdiknas Jakarta
|
3
|
Pamong Belajar dan atau Birokrasi
di Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (P2-PNFI)
|
4
|
Pamong Belajar dan atau Birokrasi
di Sanggar Kegitan Belajar yang tersebar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)
|
6
|
Tenaga Lapangan Dikmas (TLD) di
berbagai wilayah di Indonesia
|
7
|
Guru Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) yang tersebar di Pelosok wilayah indonesia
|
8
|
Pengelola kegiatan di berbagai
lembaga kursus dan Instruktur di lembaga kursus
|
9
|
Penilik pendidikan masyarakat,
baik di tingkat kecamatan maupun di kabupaten/kota
|
10
|
Pengelola dan intruktur di pusat
kegiatan belajar masyakat (PKBM)
|
11
|
Tenaga perpustakaan di
lembaga-lembaga pendidikan nonformal dan informal (PNFI)
|
12
|
Pengelola dan Penyelenggara
pendidikan nonformal dan informal (PNFI)
|
13
|
Bekerja sebagai tenaga penyuluh
lapangan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)
|
14
|
Bekerja di lingkungan
Departemen Sosial
|
15
|
Bekerja sebagai penyuluh dan
informasi pada departemen informasi dan komunikasi
|
16
|
Bekerja di berbagai
swasta.
|
17
|
Wiraswasta berhasil
|
18
|
Bekerja sebagai dosen di berbagai
perguruan tinggi negeri dan swasta
|
19
|
Bekerja di dunia perbankan dan
valuta asing
|
20
|
Bekerja pada sektor formal
maupun informal
|
Munculnya jurusan PLS di FIP UNESA bukan
menjadikan daya saing apalagi ancaman bagi perguruan tinggi lain dan juga
tidak tidak akan menimbulkan berbagai gesekan, karena jurusan PLS
memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menyiapkan alumni untuk menjadi tenaga
akademik profesional di bidang pendidikan nonformal dan informal. Keberadaan
jurusan PLS justru akan melengkapi variasi kebutuhan tenaga kependidikan di
masyarakat secara luas, terutama kebutuhan yang tidak mungkin dapat tertangani
oleh lembaga pendidikan formal.
Ø Kualifikasi Jurusan Pendidikan Luar
Sekolah yang Dibutuhkan
Kualifikasi program yang dibutuhkan
untuk dibuka pada jurusan Pendidikan Luar Sekolah adalah program S1 PLS. Alasannya
adalah :
·
pada saat ini dan masa-masa mendatang
masalah yang dihadapi oleh masyarakat, terutama masalah masyarakat
yang kurang beruntung perlu penanganan pendidikannya, dan untuk itu jurusan PLS
sesuai dengan kompetensi profesionalnya dapat diandalkan untuk membantu
mengatasinya,
·
pada saat ini dan masa-masa mendatang masalah
wajib belajar 9 tahun dan masalah buta aksara akan tetap eksis, dan untuk
membantu mengatasinya diperlukan lulusan jurusan PLS yang memiliki kemampuan
yang dapat diandalkan,
·
jumlah masyarakat yang tidak berdaya,
baik ketidak berdayaan dalam pendidikan maupun dalam bidang lain memerlukan
penanganan secara profesional, dan lulusan jurusan PLS memiliki kompetensi yang
profesional untuk mengatasi masalah ketidakberdayaan tersebut.
Kebutuhan lulusan PLS sebenarnya tidak
hanya direkrut atau bekerja pada bidang pendidikan nonformal di Departemen
Pendidikan Nasional, namun kenyataannya banyak yang direkrut oleh berbagai
instansi seperti BKKBN, Departemen Komunikasi dan Informasi, Departemen Sosial,
Departemen Tenaga Kerja, serta berbagai instansi pemerintah dan swasta lain serta
lembaga-lembaga pemberdayaan masyarakat. Lulusan PSL juga cukup banyak yang
bekerja pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan jumlahnya tidak
terhitung.
Ø Keberlanjutan Program
Keberlanjutan
jurusan PLS di FIP UNNES sangat tergantung pada beberapa hal, antara lain:
1)
Keberlanjutan Jurusan PLS di FIP UNNES akan tetap diperlukan selama
pendidikan nonformal di Indonesia masih diperlukan bagi masyarakat, dah
bahkan akhir-akhir ini kebutuhan akan pendidikan nonformal di Indonesia semakin
banyak dirasakan masyarakat, karena pendidikan nonformal dapat berfungsi
sebagai pengganti, pelengkap, dan penembah pada pendidikan formal.
2)
Minat masyarakat untuk memasuki jurusan PLS, artinya manakala minat masyarakat
untuk memasuki Jurusan PLS masih tinggi maka Jurusan PLS keberadaannya tetap
diperlukan, dan sebagai bukti bahwa selama bertahun-tahun jurusan PLS tidak
pernah kekurangan peminat dan bahkan menolak peminat karena keterbatasan daya
tampung.
3) Peluang
kerja bagi lulusan jurusan PLS, dan hal ini sangat menentukan minat memasuku
jurusan PLS. Menurut hasil survey menggambarkan bahwa lulusan PLS tidak
mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.
·
Tampilan
Informasi lebih lengkap mengenai PLS beserta prospek PLS dapat dilihat
pada:
ü
Fun page, dengan nick name: prospek Karier (Pendidikan Luar Sekolah)
ü
Blog, dengan alamat : pendidikankarier.blogspot.com
LAYANAN INFORMASI
Prospek Pendidikan Luar Sekolah
Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Praktikum BK Karier
Dosen
Pengajar: Dra. Denok Setiawati, M.Pd.
Wiryo, S.Pd, M.Pd
Nama
Kelompok 1:
1.
Fanistika
L 101014032
2.
Abidatul
M 101014033
3.
Ulfi
Rahmaamzi 101014045
4.
M.
Fatoni 101014055
5.
Pitri
Rimba M. 101014223
6.
Lidya
Avrilia 101014225
7.
Miftahul
Jannah 101014233
8.
Fety
ilma S 101014239
UNIVERSITAS NEGERI
SURABAYA
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
PROGRAM STUDI BIMBINGAN
DAN KONSELING
2012
Saya tertarik akan pendidikan luar sekolah, tolong ditambah lagi postingannya, sangat membantu sekali, terima kasih
BalasHapusjadi apasih nanyinya lulusan pls?
BalasHapussaya ambil ini..
BalasHapusSemoga berkah .saya mengambil jurusan ini.
BalasHapusjurusan unik dan menarik
BalasHapus