Jumlah Pengunjung Situs Ini

Rabu, 19 September 2012

Prospek Pendidikan Luar Sekolah



Otonomi daerah menuntut sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendukung pembangunan di daerah. Pada gilirannya daerah mau tidak mau harus membangun desa-desanya yang merupakan asset daerah. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) sebagai lembaga penghasil sumber daya manusia di luar sekolah sangat relevan dengan kebutuhan pembangunan daerah tersebut. Dengan di tunjang oleh kelengkapan sarana belajar seperti laboratorium, dan perpustakaan yang memadai, serta tenaga yang professional, maka jurusan PLS mampu menghasilkan lulusan sebagai pengelola dan pengembang desa, masyarakat, kewirausahaan serta handal dalam menciptakan lapangan kerja. Jurusan PLS sebagai salah satu jurusan yang bernaung pada Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA mengemban visi dan misi sesuai dengan bidang keahliannya sebagai berikut :

Visi
Menempatkan diri sebagai institusi yang tangguh, mandiri, memiliki keunggulan di bidang pendidikan non formal serta bertanggung jawab dalam pengembangan iptek.

Misi
  1. Meningkatkan kualitas proses belajar dan pembelajaran
  2. Meningkatkan kualitas SDM untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai
  3. Meningkatkan kerjasama kemitraan profesional dengan instansi terkait dalam rangka ikut serta mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat
  4. Menyelenggarakan program pendidikan berkelanjutan (continuing education) sesuai dengan kebutuhan pasar.



Tujuan
  1. Meningkatkan lulusan yang memiliki kemampuan pengembangan kepribadian dan aktualisasi diri
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menghadapi tantangan kehidupan yang selalu berubah-ubah.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menciptakan dan/atau membantu menciptakan lapangan kerja sesuai dengan keahliannya.
  4. Menghasilkan lulusan yang siap menjadi agen pembaharuan masyarakat.

    Kekuatan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah memiliki tenaga pengajar sejumlah 21 orang dengan kualifikasi Guru Besar sejumlah 5 orang, 2 orang dosen dengan kualifikasi doktor dan 14 dosen dengan kualifikasi magister. Selain dosen tetap, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah menggandeng tenaga pengajar yang berasal dari berbagai lembaga yang menjadi mitra Jurusan PLS meliputi: Dinas Koperasi Jatim, Subdin PLS P & K Jatim, BKKBN, BPPNFI, Dinas Perindustrian, Disnaker, Dinas Sosial, Badan Pemberdayaan Masyarakat Jatim dan Para Pengelola Pendidikan Luar Sekolah seperti kursus, Diklat, LSM. Harapannya agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang memadai dengan obyek dan garapan lembaga mitra tersebut. Sarana dan prasarana proses pembelajaran didukung dengan ruangan yang memadai dan laboratorium baik yanga ada di dalam kampus mapun di masyarakat. Tehnologi informasi yang didukung dengan zone WIFI merupakan bagian yang penting untuk memperlancar proses pembelajaran mahasiswa.

Ø Prospek Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

Pembangunan pendidikan formal di Indonesia seharusnya dapat membantu   menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, antara lain persoalan kebodohan, keterbelakangan ekonomi, keterbelakangan budaya, keterbelakangan sosial, dan berbagai keterbelakangan lainnya. Namun kenyataannya, pendidikan formal tidak mampu membantu menyelesaikan semua persoalan tersebut, karena itu diperlukan bantuan atau pelengkap pendidikan lain yaitu berupa pendidikan nonformal atau pendidikan luar sekolah. Persoalan yang terjadi adalah, bahwa sampai saat ini  hanya sedikit   masyarakat yang benar-benar memahami bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan melakukan monitoring dan evaluasi secara profesional  dalam pendidikan nonformal informal atau pendidikan luar sekolah. Oleh karena itu, untuk itu dibukalah  Jurusan  Pendidikan Luar Sekolah (PLS)   Jenjang S1    Fakultas Ilmu Pendidikan  (FIP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Memberikan indikasi bahwa berbagai lembaga baik lembaga negeri maupun swasta  di Jawa Timur khususnya, dan di Indonesia umumnya sampai saat ini masih banyak membutuhkan lulusan jurusan PLS. Sebagai gambaran kebutuhan lulusan PLS dapat dilihat sebaran lulusan PLS pada Tabel 1berikut.
Tabel : Sebaran Tempat Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
No
Tempat Kerja
1
Dirjen Pendidikan Formal dan Informal (PNFI) di Jakarta
2
Dirjen Pendidkan Dasar dan Menengah di Depdiknas Jakarta
3
Pamong Belajar dan atau Birokrasi di Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (P2-PNFI)
4
Pamong Belajar dan atau Birokrasi di Sanggar Kegitan Belajar yang tersebar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)
6
Tenaga Lapangan Dikmas (TLD) di berbagai wilayah di Indonesia
7
Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di Pelosok wilayah indonesia
8
Pengelola kegiatan di berbagai lembaga kursus dan Instruktur di lembaga kursus
9
Penilik pendidikan masyarakat, baik di tingkat kecamatan maupun di kabupaten/kota
10
Pengelola dan intruktur di pusat kegiatan belajar masyakat (PKBM)
11
Tenaga perpustakaan di lembaga-lembaga pendidikan nonformal dan informal (PNFI)
12
Pengelola dan Penyelenggara pendidikan nonformal dan informal (PNFI)
13
Bekerja sebagai tenaga penyuluh lapangan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)
14
Bekerja di  lingkungan Departemen Sosial
15
Bekerja sebagai penyuluh dan informasi pada departemen informasi dan komunikasi
16
Bekerja di berbagai   swasta.
17
Wiraswasta berhasil
18
Bekerja sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta
19
Bekerja di dunia perbankan dan valuta asing
20
Bekerja  pada sektor formal maupun informal















Munculnya jurusan PLS di FIP UNESA bukan menjadikan daya saing apalagi ancaman bagi perguruan tinggi lain dan juga tidak  tidak akan menimbulkan berbagai gesekan, karena jurusan PLS memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menyiapkan alumni untuk menjadi tenaga akademik profesional di bidang pendidikan nonformal dan informal. Keberadaan jurusan PLS justru akan melengkapi variasi kebutuhan tenaga kependidikan di masyarakat secara luas, terutama kebutuhan yang tidak mungkin dapat tertangani oleh lembaga pendidikan formal.



Ø  Kualifikasi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah yang Dibutuhkan
Kualifikasi program yang dibutuhkan untuk dibuka pada jurusan  Pendidikan Luar Sekolah adalah program S1 PLSAlasannya adalah :
·         pada saat ini dan masa-masa mendatang  masalah yang dihadapi oleh masyarakat, terutama  masalah masyarakat yang kurang beruntung perlu penanganan pendidikannya, dan untuk itu jurusan PLS sesuai dengan kompetensi profesionalnya  dapat diandalkan untuk membantu mengatasinya,
·          pada saat ini dan masa-masa mendatang masalah wajib belajar 9 tahun dan masalah buta aksara akan tetap eksis, dan untuk membantu mengatasinya diperlukan lulusan jurusan PLS yang memiliki kemampuan yang dapat diandalkan,
·          jumlah  masyarakat yang tidak berdaya, baik ketidak berdayaan dalam pendidikan maupun dalam bidang lain memerlukan penanganan secara profesional, dan lulusan jurusan PLS memiliki kompetensi yang profesional untuk mengatasi masalah ketidakberdayaan tersebut.
Kebutuhan lulusan PLS sebenarnya tidak hanya direkrut atau bekerja pada bidang pendidikan nonformal di Departemen Pendidikan Nasional, namun kenyataannya banyak yang direkrut oleh berbagai instansi seperti BKKBN, Departemen Komunikasi dan Informasi, Departemen Sosial, Departemen Tenaga Kerja, serta berbagai instansi pemerintah dan swasta lain serta lembaga-lembaga pemberdayaan masyarakat. Lulusan PSL juga cukup banyak yang bekerja pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan jumlahnya tidak terhitung.
Ø  Keberlanjutan Program
Keberlanjutan jurusan PLS di FIP UNNES sangat tergantung pada beberapa hal, antara lain:
1)      Keberlanjutan Jurusan PLS  di FIP UNNES akan tetap diperlukan  selama pendidikan nonformal di Indonesia masih diperlukan bagi masyarakat,  dah bahkan akhir-akhir ini kebutuhan akan pendidikan nonformal di Indonesia semakin banyak dirasakan masyarakat, karena pendidikan nonformal dapat berfungsi sebagai pengganti, pelengkap, dan penembah pada pendidikan formal.
2)      Minat masyarakat untuk memasuki jurusan PLS, artinya manakala minat masyarakat untuk memasuki Jurusan PLS masih tinggi maka Jurusan PLS keberadaannya tetap diperlukan, dan sebagai bukti bahwa selama bertahun-tahun jurusan PLS tidak pernah kekurangan peminat dan bahkan menolak peminat karena keterbatasan daya tampung.
3) Peluang kerja bagi lulusan jurusan PLS, dan hal ini sangat menentukan minat memasuku jurusan PLS. Menurut hasil survey menggambarkan bahwa lulusan PLS tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.
·         Tampilan
Informasi lebih lengkap mengenai PLS beserta prospek PLS dapat dilihat pada:
ü  Fun page, dengan nick name: prospek Karier (Pendidikan Luar Sekolah)
ü  Blog, dengan alamat : pendidikankarier.blogspot.com







LAYANAN INFORMASI
Prospek Pendidikan Luar Sekolah
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Praktikum BK Karier
Description: 163214_185517364792804_100000036244418_681205_2995803_n










Dosen Pengajar: Dra. Denok Setiawati, M.Pd.
           Wiryo, S.Pd, M.Pd

Nama Kelompok 1:
1.      Fanistika L                      101014032
2.      Abidatul M                      101014033
3.      Ulfi Rahmaamzi              101014045
4.      M. Fatoni                         101014055
5.      Pitri Rimba M.                101014223
6.      Lidya Avrilia                   101014225
7.      Miftahul Jannah             101014233
8.      Fety ilma S                       101014239

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
2012

5 komentar:

  1. Saya tertarik akan pendidikan luar sekolah, tolong ditambah lagi postingannya, sangat membantu sekali, terima kasih

    BalasHapus
  2. jadi apasih nanyinya lulusan pls?

    BalasHapus
  3. Semoga berkah .saya mengambil jurusan ini.

    BalasHapus